Posted by : Unknown Tuesday 10 March 2015

Hal Hal yang sering ditanyakan ketika membaca Imbalance.

Q : Arti dari judul ceritanya apa tuh bang ? Dan hubungannya dengan cerita ?
A : Kalo kita search di Google, Imbalance itu artinya tidak seimbang. Dan hubungannya di cerita kan kondisi di dunia dalam cerita sedang lagi tidak seimbang dikarenakan kekuatan kekuatan super bermunculan yang disebabkan oleh sebuah tragedi. Lebih jelasnya bisa dibaca dicerita.

Q : Dapet pemikiran darimana itu bang judulnya ?
A : Dulu waktu masih main game kan ada beberapa Player yang kalo main jago banget. Istilahnya kalo difficulty game’nya Extreme sekalipun, dia bisa menyelesaikannya dengan mudah kaya difficulty Easy. Nah orang orang kaya gitu biasanya sering dibilang atau dikatain ‘imba’. Setelah saya tanya ke temen saya maksud dari kata imba itu ternyata Imbalance yang artinya sudah disebutkan sebelumnya. Jadi dari situ deh lahir ide buat ngasih judul Imbalance, cerita yang didalamnya terdapat orang orang imba. Hahahaha

Q : Kalo ide ceritanya dapet darimana bang ?
A : Ide cerita dari mana aja sih sebenernya. Dari jalanan, lingkungan, kegiatan dulu disekolah, obrolan disocial media, komik, film, imajinasi sendiri dan macem macem deh. Dirangkum jadi satu di imajinasi saya terus tiba tiba jadi deh Imbalance.

Q : Genre/Tema Imbalance ini apa kak ?
A : Inti genre dan tema’nya itu Action (aksi), Fantasy dan Sci-fi (Science Fiction / Fiksi Ilmiah). Tapi mungkin dibeberapa dialog atau event ada beberapa bumbu dari komedi atau romansa.

Q : Bang Beldek sendiri kenapa ga bikin karya tulis / novel yang genre’nya Komedi atau Romansa ? Kan lagi marak maraknya tuh.
A : Sejujurnya saya orangnya anti mainstream. Dan karena di Indonesia sendiri kata anda sudah marak dan banyak yang bikin cerita bertema seperti itu maka saya pengen bikin suatu yang berbeda. Sesuatu yang jarang di masyarakat seperti Sci-fi dan Aksi. Mungkin ada karya seperti itu tapi tidak setenar dan terkenal tema Romansa dan Komedi. Dan saya ingin mencoba membangkitkan genre yang saya bawa ini dan memperkenalkannya ke masyrakat khususnya masyarakat Indonesia bahwa novel Indonesia tuh ga cuman Cinta cintaan dan lucu lucuan doang loh, ada kok yang Aksi juga, yang Sci-Fi juga yang Fantasi pun juga ada. Kan kebanyakan kita tahu cerita atau komik fiksi ataupun sci-fi dari luar negeri seperti karyanya J.K Rowling, Suzanne Collins, Stan Lee, Jack Kirby, Dan Brown, J.R.R Tolkien dan masih banyak lagi. Dan salah satu cita cita saya sekarang yang bisa diwujudkan dari cerita ini yaitu saya ingin menjadi salah satu penulis terkenal dari Indonesia dengan genre Sci-Fi, Aksi dan Fantasy yang saya bawa pada Imbalance ini. Tapi jangan salah, saya berkata seperti ini bukan berarti saya tidak suka genre Romansa dan Komedi. Saya juga suka baca karya karya Raditya Dika yang lucunya ampe kalo Raditya Dika’nya ada disamping saya pas saya lagi baca mau saya geplak kepalanya pake bukunya sendiri (peace). Dan juga karyanya Habiburrahman El-Shirazy yang penuh tragedi, percintaan dan pesan pesan yang mengharukan.

Q : Karakter karakter dari cerita ini bikinan bang Beldek sendiri atau terinspirasi dari orang lain ?
A : ada yang bikin sendiri. Ada yang dari orang lain begitu juga namanya.

Q : Tanda baca, kata kata dan kalimatnya ada yang kurang pas itu kenapa bang ?
A : maklum namanya juga penulis baru. Kalo ada salah salah mohon maaf, dan kalo bisa dikomentar salahnya dimana biar bisa diperbaiki demi kenyamanan bersama dan saya agar cara menulis saya bisa berkembang.

Q : Itu kenapa ada garis besar yang memisahkan beberapa paragraf bang ?
A : itu tandanya ganti view. Cerita saya ini kan sudut pandangnya Orang Pertama dalam cerita jadi kalo ada event penting View ceritanya pindah pindah biar situasi dalam ceritanya bisa tergambar lebih jelas.

Q : Oke segitu aja untuk sekarang. Makasih Bang Beldek.

A : oke sama sama. Jangan lupa untuk baca ya :3

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Imbalance - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Redesigned by Beldek Putro -